Sabtu, 08 Mei 2010

HATI – HATI MICROSOFT , GNOME MEMILIKI SENJATA UNTUK 2010

GNOME Faundation yang perlahan – lahan tapi pasti berkembang sangat pesat , mempersenjatai untuk berperang dengan pemimpin komputer desktop milik Microsoft dan Apple . Sebagai contoh, belum lama ini GNOME mengumumkan bahwa mereka menaikkan biaya keanggotaan dewan penasehat sampai US$20 . 000 untuk perusahaan -perusahaan besar, dan US$10.000 untuk perusahaan kecil.
Dana tersebut tidak hanya akan membantu membayar pengopersian “ hack fest “, tempat di mana berkumpulnya banyak pengembang GNOME yang bekerja pada proyek open source, tetapi juga untuk membayar staf administrator. Semua dana tersebut untuk membantu GNOME merilis OS versi 3.0. GNOME versi 3.0 rencananya akan dirilis akhir 2009 tahun ini. Namun karena berbagai alasan, GNOME memutuskan untuk merilis versi 2.302.28. Versi 2.302.28 termasuk penambahan fitur e-mail dan groupware suite yang disebut Evolution yang secara khusus membantu perusahaan bermigrasi ke GNOME dari windows.
Fitur ini menambahkan kemampuan untuk mengimpor Microsoft Outlook Personal Folder (PST file) secara langsung ke Evolution. E-mail,kontak,appointment, task, dan cacatan jurnal juga didukung GNOME. GNOME juga menambahkan dukungan untuk MAPI, sedangkan saebelumnya hanya mendukung SOAP.
Pengguna perusahaan adalah kunci keberhasilan Microsoft. Pada tahun 2010,peluang lebih terbuka untuk komputer dekstop Linux. Banyak perusahaan yang masih menggunakan komputer dengan windows XP dan siap untuk meng-up grade.
Para sponsor GNOME adalah perusahaan-perusahaan yang memiliki rasa cinta sedikit pada microsoft. Mereka termaksud ACCESS, Hewlett Pakrad,Gogle, IBM,Intel, Motorola, Mozilla Foundation, Nokia, Novell, Red Hat, dan Sun Microsystems. Sponsor lainnya adalah Debian, Free Software Foundation, Igalia, One Laptop Per Chil, Software Freedom Law Center dan Sugar Labs, termasuk Siemens Business Group di Jerman, UK National Health Service (NHS), dan 400.000 call center di Sao Paulo, Brazil.

Tidak ada komentar: