Rabu, 14 April 2010

Bahaya Hujan Asam

Ada bahaya lain yang tanpa kita sadari telah mengancam kita, selain Pemanasan Global, yaitu Hujan Asam. Hujan Asam tidak dapat dilihat dan sulit dideteksi, tetapi telah mengakibatkan masalah serius di berbagai tempat, bahkan mungkin di tempat tinggal kita. Hujan asam adalah hujan yang mengandung keasaman tinggi, jauh melebihi normal. Hujan asam sangat berbahaya, dan bisa mengakibatkan hal-hal berikut:
• Hujan asam dapat membuat tanaman meranggas, dan akhirnya mati. Juga menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat, dan menjadi lemah sehingga rentan terhadap cuaca, penyakit dan serangga.
• Ketika danau dan laut rusak oleh hujan asam, ikan-ikan mati keracunan, burung-burung yang mencari makan di situ juga mati.
• Gedung dan struktur lain seperti jembatan, pipa bawah tanah, patung-patung dan monumen bersejarah akan berkarat dan rusak. Saat ini banyak perusahaan kereta api dan penerbangan harus dengan teliti memperbaiki kerusakan akibat karat yang disebabkan oleh hujan asam.
• Manusia bisa sakit parah, bahkan meninggal karena gangguan pernapasan yang diakibatkan oleh hujan asam, terutama pada mereka yang sebelumnya sudah menderita gangguan pernapasan seperti asma dan sebagainya.

Tidak ada komentar: